By | July 17, 2020

Jangan ragu untuk berdiskusi dengan orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan ekonomi dan orang-orang yang memang sudah lama terjun ke dunia saham. Saham adalah satu instrumen pasar keuangan yang paling banyak diminati. Saham dapat didefinisikan sebagai tanda keikutsertaan modal yang dilakukan oleh orang atau pihak tertentu dalam suatu perseroan terbatas atau perusahaan.

Belajar Investasi

Bila sudah, jangan lupa untuk berinvestasi dalam perlindungan juga! Investasi dapat menjadi tabungan hari tua dan jaminan pensiun bagi kamu dimasa depan. Deposito merupakan salah satu instrumen jangka pendek yang dimiliki oleh semua bank. Sistemnya seperti kamu menabung di bank tetapi tidak bisa menarik tabungan tersebut dalam jangka waktu tertentu. Meniru langkah orang sukses juga dapat menggiring Anda pada kesuksesan yang sama atau bahkan lebih. Untuk itu, buku ini wajib Anda pertimbangkan untuk mempelajari dunia investasi.

Lewat edukasi diharapkan agar masyarakat tidak hanya sekadar ikut-ikutan ketika investasi saham tetapi juga perlu belajar dan memahami investasi saham. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli produk investasi, jangan lupa untuk mempelajari segala risiko yang ada agar dapat menentukan produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan. Semua instrumen ini bisa diakses dengan mudah setelah melalui proses pendaftaran viaonlinemaupun offline dan beberapa di antaranya dapat dibeli dengan harga sangat terjangkau. Untuk pembelian saham, investor harus menyiapkan dana sesuai harga saham dan membayar biaya transaksi untuk perusahaan sekuritas . Sedangkan untuk penjualan saham, total dana yang didapat investor adalah nilai sesuai harga jual saham dikurangi biaya transaksi dan PPh. Reksadana merupakan jenis investasi di mana dana dikumpulkan dari sekelompok investor kemudian dikelola oleh manajer investasi dalam portofolio efek.

Anda juga bisa mempertimbangkan memilih buku berdasarkan penulis dalam atau luar negeri. Untuk mempelajari elementary atau dasar-dasar investasi, Anda bisa memilih antara keduanya. Akan tetapi, jika Anda mempertimbangkan contoh terapan, ada baiknya memilih buku yang ditulis penulis dalam negeri. Hal ini disebabkan penulis dalam negeri akan lebih banyak menggunakan contoh yang nyata terjadi di pasar modal dalam negeri.

Memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship. Kini setelah saya menikah dan berumah tangga, barulah saya belajar berinvestasi dari suami saya. Kamu dapat memulainya dengan jumlah yang sedikit dan memulai permainan dengan jual beli harian. Lalu bagaimana saya menanggung risikonya, saya kan masih mahasiswa dan uang saya tidak banyak? Keuntungan dari investasi emas cenderung kecil yaitu hanya sekitar 2% hingga 4% per tahun tetapi skemanya stabil cenderung naik.