By | July 25, 2020

Selain itu, Giovanni juga menjelaskan syarat yang kemunginan akan bisa dipenuhi oleh para buyer yang berminat untuk bergabung dengan MOPI Partner. Menurutnya, syarat bagi MOPI Partener tak harus ia yang penikmat kopi atau pun mengetahui kopi. “Sistem kita sebenarnya bukan franchise, tapi lebih ke bisnis companion, jadi namanya MOPI Partner. Contohnya, semisal peralatan kita, rusak kita akan pinjamkan selama itu kita perbaiki, agar bisnis customer kita tetap jalan. Jadi intinya, kita siap membantu keluhan dari buyer kita,” jelas Yufo menambahkan.

Tidak ada salahnya bila anda memiliki konsep tambahan untuk menjalankan bisnis kopi anda. Misalnya saja dengan menambahkan beberapa menu hidangan yang cukup untuk membantu menjadi teman sambil menyeduh kopi. Dengan begitu, pelanggan akan semakin dimanjakan menggunakan hal yang sederhana. Saat ini tumbuhnya café-café di kota-kota besar hampir mengalahkan pesatnya pertumbuhan jamur di kala hujan. Walau Coffindo Lovers membangun kedai kopi dengan sederhana alias apa adanya pastikan juga memiliki kualitas jempolan.

Dengan bisnis yang spesial ini diharapkan bisa membawa keberkahan masyarakat Lampung. Dengan menerapkan dan menginformasikan layanan kebersihan, masyarakat akan lebih percaya untuk membeli produk kopi. Menurut Adi yang sudah menikmati kopi sejak masih berusia dua tahun, setiap jenis kopi memiliki kekhasannya tersendiri, sehingga tidak bisa dikatakan kopi itu tidak enak. Namun memang ada taste tertentu dari setiap jenis kopi, tambah Adi, yang membuat antara kopi satu dengan kopi yang lain memiliki peringkat yang berbeda. Berbeda dengan Tanti, usaha milik Bob dan Marita justru berani dengan konsep baru. Di awal tahun 2020, bisnis Totofore Coffee yang baru satu bulan pindah di daerah Bintaro ditimpa pandemi dan kebijakan PSBB, yang membuat tokonya tutup sementara.

Bisnis Kopi

Apalagi ketika anda mampu memberikan suatu yang istimewa, unik, dan beda dari kedai kopi lainnya, maka peluang keuntungan dari usaha kedai kopi ini masih sangatlah besar. Banyaknya pecinta kopi di negeri ini dapat menciptakan sebuah peluang bisnis kopi yang menguntungkan serta menjanjikan. Minuman yang menjadi incaran serta hobi masyarakat tentu akan memberikan keuntungan bisnis yang bagus bagi pelaku bisnis kopi. Di masyarakat sendiri telah banyak beterbaran para pelaku bisnis kopi dari warung kopi sederhana hingga kedai kopi modern. Bisnis kopi ini banyak dibanjiri para pengunjung yang ingin nongkrong atau berkumpul dengan teman, saudara, pacar dan lainnya dengan ditemani secangkir kopi.

Dunia keuangan dan akuntansi sudah ia geluti sejak ia menempuh pendidikan S1 di Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi dan BIsnis, jurusan Akuntansi. Selain itu, Bernad juga memiliki sertifikat Professional Financial Modeller di tahun 2016. “Apa sih syarat untuk masyaraat yang ingin menjadi franchise kita, kita tidak perlu mereka harus tau kopi atau tidak, mekera juga nggak harus penikmat kopi atau bukan. Tujuan MOPI hadir bahwa kopi enak itu tidak harus mahal,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung, Dessy Desmaniar Romas, menjelaskan, komitment dalam mengangkat taraf kehidupan petani kopi Robusta. Dalam artian, petani bisa melakukan kontak langsung dengan pembeli. Pemerintah Provinsi Lampung membuka ruang kepada pebisnis kopi untuk mengembangkan usahanya. Alasannya, Lampung memiliki kopi Robusta yang sudah dikenal masyarakat luas. Sebaiknya pebisnis kopi mendaftarkan mereknya di berbagai kelas yang akan menjadi pengembangan dari mannequin bisnisnya. Hal itu dilakukan agar mereknya tidak didaftarkan lebih dahulu oleh kompetitor.

Modal adalah uang yang perlu kamu keluarkan untuk membangun dan mengembangkan bisnis, sedangkan keuntungan adalah uang yang didapatkan dari hasil berbisnis. Untuk itu kamu harus memisahkan kedua uang ini, sehingga tidak tercampur dan membuat kamu bingung. Kamu harus menghitung setiap pemasukan dan pengeluaran yang ada, agar untung atau tidaknya bisnis kamu bisa terlihat.

Beda dari bisnis lainnya, usaha kedai kopi memungkinkan kamu untuk memperoleh keuntungan atau omset per hari. Keuntungan yang sangat terasa saat membuka kedai kopi di rumah adalah tidak adanya biaya sewa tempat. Untuk memulai bisnis warung maupun kedai kopi yang menguntungkan dari rumah, simak beberapa ideas berikut ini. Menurut Dessy, ini tak hanya meningkatkan posisi tawar petani, sekaligus kesempatan petani belajar mengetahui selera dan kebutuhan pembeli. Sehingga hukum pasar pun berlaku, produk yang berkualitas, pada akhirnya yang dicari dan dibutuhkan konsumen.

Sementara itu, untuk bahan baku ia langsung membeli jenis kopi Arabika dan robusta asal Sulawesi dari provider kopi. Di awal memulai bisnis kopi literan, pihaknya sudah memiliki sejumlah peralatan untuk membuat kopi susu sehingga hanya perlu menambah modal Rp 1,5 jutaan untuk membeli perlengkapan yang belum tersedia. Lalu pada bulan Mei, dia bersama tiga rekannya itu bertemu dan membahas peluang bisnis yang kira-kira menjanjikan saat terjadi pandemi COVID-19.