By | July 17, 2020

Namun, kamu tetap perlu berhati-hati dengan siapa yang kamu dengarkan, kadangkala beberapa peserta discussion board bukanlah trader profesional, melainkan sekelompok dealer yang berusaha mengambil keuntungan. Jika sudah masuk dalam jebakan para trader iseng ini maka bukan pengetahuan yang kamu dapatkan tapi bisa saja menjadi korban trader. Bisa buku dalam bahasa Inggris seperti The Intelligent Investor atau buku dalam bahasa Indonesia seperti Who Wants to be Smilling Investor. A Random Walk Down Wall Street oleh Burton Malkiel, One Up On Wall Street oleh Peter Lynch dan yang lainnya. Belajar investasi sejak dini itu penting, tetapi bukan tanpa tantangan yang berarti. Dalam perjalanannya, tidak ada investor yang tidak pernah gagal dan mengalami kerugian dari portofolio investasinya.

Selain itu reksadana pasar uang juga dikenal dengan risiko dan modal yang minim, bahkan bisa dimulai dengan hanya mengeluarkan modal Rp 50 ribu saja. Investasi merupakan salah satu cara atau metode yang dilakukan seseorang untuk menambah jumlah kekayaan yang ia miliki. Jadi, kamu sebagai investor menanamkan sejumlah uang ke instrumen investasi dan mendapatkan keuntungan dari bunga yang ditawarkan. Ketika pasar sedang crash ini merupakan sebuah kesempatan emas untuk membeli saham dengan harga yang murah, namun ada syaratnya. Saat ini, investasi mulai dilirik olah generasi milenial baik itu saham, reksa dana, maupun obligasi. Selain karena mudah dan murah, investasi juga memiliki peluang pertumbuhan yang lebih besar dan gampang dicairkan.

“Reksadana kan paling aman, di sana sepenuhnya tinggal tunggu karena permainan diserahkan sepenuhnya ke manajemen investasi,” tuturnya. Ia melanjutkan, jika di bursa, kita harus memainkannya sendiri, meliputi mengawasi naik turunnya uang, serta melihat hasilnya. Reksadana kan paling aman, di sana sepenuhnya tinggal tunggu karena permainan diserahkan sepenuhnya ke manajemen investasi, tuturnya. Kalau agresif maka bobot sahamnya bisa lebih besar dibandingkan yang lain dan kalau moderat atau konservatif bobot mounted income dan money market bisa lebih besar.

Seiring dengan bertambahnya pengetahuan dan percaya diri Anda dalam berinvestasi, Anda juga akan semakin yakin untuk berinvestasi saham dengan nominal yang besar. Satu hal lagi, penting juga bagi Anda untuk mengenali kondisi keuangan. Jangan sampai memaksakan keinginan untuk berinvestasi sedangkan kondisi keuangan Anda tidak mendukung.

Belajar Investasi

Tidak ada definisi yang saklak soal saham blue-chip, tetapi biasanya Anda bisa melihat saham yang punya kapitalisasi pasar besar dan ramai diperdagangkan setiap hari di bursa. Pilihan saham untuk pemula bisa menggunakan saham – saham yang diiinvestasikan oleh Reksadana Saham. Jangan khawatir, semuanya dapat dimulai dari langkah sederhana dulu. Sesederhana menabung di celengan, misalnya dorong diri Anda untuk rutin menyisihkan Rp20.000 per hari dan masukkanlah ke dalam celengan. Jika dana di celengan sudah terkumpul banyak, Anda bisa mengalihkan dana tersebut untuk berinvestasi.

Perlu Kamu ketahui bahwa saham ini merupakan investasi return terbaik yang cocok digunakan sebagai bisnis sampingan dalam jangka panjang. Investasi jangka pendek ini biasanya adalah investasi untuk rentang waktu yang lebih singkat, misalnya 1 tahun. Ada banyak produk investasi yang bisa dipilih, masing-masing dengan imbal dan risiko yang berbeda. Untuk pemula sih, mungkin bisa dipilih yang berisiko paling rendah.

Berdasarkan jangka waktu tersebut, instrumen investasi dibagi dalam dua kelompok besar, yakni investasi jangka pendek dan juga investasi jangka panjang. Inilah yang ingin disampaikan Ryan Filbert melalui buku seri kedua bertemakan reksadana ini. Jika ingin mengenal jenis investasi lain selain saham, buku ini dapat sangat membantu Anda. Tidak hanya soal investasi reksadana, di dalam buku ini juga terdapat penjelasan rinci sampai bermacam studi kasus. Bagi pemula yang masih dalam tahap belajar, sangat penting memilih buku yang memiliki tutorial berinvestasi.

Sebagai contoh, pilih buku yang memperkenalkan pasar modal terlebih dahulu, lalu berlanjut ke blueprint atau gambaran mengenai investasi. Dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui gambaran investasi yang cocok dan baik untuk Anda lakukan. Sebelum membeli saham, seseorang diharuskan untuk memiliki pengetahuan yang baik tentang pasar modal. Pandu pun memberikan beberapa ideas yang harus dihindari seseorang sebelum membeli saham agar tidak malah merugikan diri sendiri ke depannya nanti. Kelas ini akan membantu Anda belajar mengenai seluk beluk saham perusahaan, analisis pergerakan saham, profit investor saham, sampai dengan persiapan investasi saham pertama Anda.