By | August 15, 2020

Menurut pikirannya, pemodal kuat dalam negeri saja sudah mulai mengganggu kehidupan pengusaha kecil, apalagi kalau pengusaha yang datang itu dari luar negeri. Bukankah setiap kali Sogo masuk ke suatu pusat pertokoan, pesaing yang sudah ada biasanya minggir. Tapi ternyata bukan modal asing, dan pangsa pasar Sogo pun juga tidak sama, akhirnya Abdul Latief tidak terlalu keberatan lagi.

Kunci sukses memulai usaha sendiri, tidak hanya produk bagus, strategi pemasaran brilian dan business model, tetapi lebih dari itu, butuh kekuatan dan keuletan untuk terus bertahan. Karena ketika pebisnis mundur sebelum sampai tujuan, segala strategi dan rencana yang jitu serta produk yang mumpuni menjadi sia – sia semuanya. Mulai dari memikirkan ide awal, membuka, memperkenalkan dan mempromosikan usaha tersebut. Baik dari inner pebisnis sendiri maupun yang datang dari eksternal.

Atas segala usaha keras yang kita lakukan untuk meraih kesuksesan, kita perlu mengapresiasi diri sendiri atas segala pencapaian yang sebelumnya sudah berhasil kita raih. Dengan memberikan apresiasi seperti, memberi hadiah kecil, makan enak, jalan-jalan dan lain sebagainya, ini dapat membuat diri kita bersemangat untuk meraih pencapaian-pencapaian lainnya. Faktanya, kurang tidur dapat menyebabkan kita kurang konsentrasi dan motivasi. Para pengusaha sukses tidak akan melewatkan waktu tidur malam mereka, karena ini sangat diperlukan untuk kesehatan fisik dan psychological mereka. Untuk mengatasi hal itu, biasanya para pengusaha berusaha untuk meningkatkan motivasi mereka dengan melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Sebagai contoh, menonton film-film inspirasional, mendengarkan musik kesukaan, mendengarkan podcast yang memotivasi, membaca buku-buku motivasi, atau mungkin menghabiskan waktu dengan keluarga dan orang-orang tersayang.

Memutuskan untuk berbisnis berarti telah siap untuk menghadapi tantangan terbesar dalam hidup mereka. Kalau tidak siap, silakan berhenti saja karena anda tidak akan pernah sukses tanpa keberanian. Memutuskan untuk menjadi Entrepreneur berarti anda memutuskan untuk memiliki tekad, ketekunan, dan modal yang cukup untuk memulainya.

Semangat dalam menjalankan bisnis

Di samping itu ia lebih giat membuat karya-karya terbaru untuk menambah produk untuk dijual di Wsydn Shop. “Narkoba adalah ancaman bagi masyarakat, khususnya generasi muda sebagai penerus bangsa. Dukungan masyarakat sangat kami perlukan untuk memberantas narkoba secara bersama-sama,” tandasnya. Menjadi bank yang digerakkan oleh tujuan yang berkesinambungan merupakan DNA dari Bank DBS Indonesia. Bank DBS terus berinovasi untuk menjadi financial institution yang mengedepankan keseimbangan antara ekonomi, sosial serta lingkungan (Economy, Social, Governance-ESG). “Akses vaksinasi yang meningkat, penyebaran Covid-19 yang menurun, PPKM yang mulai dilonggarkan, hingga ekonomi yang tumbuh positif membuat kami semakin optimis melihat pemulihan ekonomi.

Dia memperoleh omzet sebesar Rp360 juta/6 bulan dari 200 jumlah siswa yang ada dengan keuntungan sekitar Rp180 juta/6bulan. Setelah sukses mengelola bisnis tersebut , Hamzah lalu mengembangkan sayapnya dengan melirik usaha sofabed. Sekarang , bisnis Hamzah telah resmi berbadan hukum dengan nama CV Hamasa Indonesia.

Perlakukanlah diri kita dengan istimewa meskipun apa yang telah terjadi. Yang dimaksud dengan memberikan perlakuan istimewa, bukan berarti kita memanjakan diri terlalu berlebihan. Tapi kita bisa memanjakan diri dengan berlibur, menekuni hobi atau sekedar mendengarkan musik yang kita sukai untuk membuat kita terus menjaga semangat kita. Bagi Tommy, untuk terus berusaha menggapai imipian suatu saat ingin membuktikan bahwa dia pemuda dari daerah Lombok dengan umur yang masih muda bisa memiliki daya saing untuk menjadi sukses. “Dan membuktikan bahwa siapapun kita, darimanapun kita berasal bisa sukses, kaya raya, dan bisa memberi inspirasi buat teman-teman lainnya,” ujarnya.

Dengan membuat rencana bisnis yang matang dan jelas, tentunya Anda bisa memprediksi masa yang akan datang pada bisnis yang dijalankan. Hal ini dikarenakan saat Anda menyusun business plan, Anda akan membuat gambaran bisnis jangka pendek, menengah dan panjang. Sebelum memulai sebuah bisnis memerlukan perencanaan yang matang dan tidak terburu-buru. Karena tanpa perencanaan yang jelas, Anda tidak mengetahui ke arah tujuan mana bisnis yang akan dijalankan, jika sudah begitu tentunya target yang ingin dicapai saat mendirikan sebuah bisnis akan menjadi mimpi belaka.