By | June 10, 2020

Psikologi sebagai ilmu yang kajian utamanya adalah perilaku manusia terkait erat dengan telaah proses pembentukan perilaku, yang hasilnya bisa disumbangkan sebagai intervensi dalam pembentukan perilaku Manusia Indonesia Abad 21 Yang Berkualitas Tinggi. Keterlibatan dalam upaya rekayasa tingkah laku, baik dalam kapasitas sebagai sarana belajar maupun bimbingan dan penyuluhan, perlu dilakukan untuk mendapatkan wawasan tentang konteks dan lingkungan serta eksistensi manusia. Cara yang bisa ditempuh dalam upaya rekayasa ini adalah melakukan usaha yang berkesinambungan dengan memperhitungkan dukungan kelompok maupun dukungan masyarakat. Untuk itu kerjasama dengan berbagai disiplin ilmu lainnya terasa sangat bermakna. Psikologi akan memfokuskan pada upaya pembangkitan kebutuhan untuk berubah agar bisa menjadi pendorong dalam proses perubahan tingkah laku yang diharapkan.

Kepercayaan dirinya, antusiasmenya, selera humornya, dan optimismenya membawa semangat bagi lingkungannya. Sebagai negosiator yang handal, orang-orang dengan kepribadian Influence memiliki kemampuan persuasif yang bagus. Mereka menyukai popularitas, sehingga mereka sulit menerima penolakan dari orang lain. Orang-orang dengan kepribadian Dominance memiliki kecenderungan karakter yang dominan, kuat, dengan ego yang tinggi.

Hal- hal baik untuk meningkatkan kepribadiaan kita

Untuk perbandingan ini, mari kita perdalam konsep validitas dan melihat pada validitas prediktif, yaitu salah satu dari beberapa tipe validitas psikotes. Validitas prediktif menguji apabila hasil psikotes yang didapatkan sekarang sesuai dengan hasil nyata di masa depan. Psikotes dianggap legitimate Kakek Zeus secara prediktif jika hasil kepribadian mampu memprediksi performa kerja masa depan dengan akurat.

Ini adalah cara yang akurat untuk mendeskripsikan kepribadian karena 100 percent ekstrovert itu tidak realistis. Yang membedakan adalah kita cenderung lebih dekat ke satu sisi, namun tetap mempunyai beberapa aspek dari sisi berlawanannya. Ini menegaskan kecenderungan unik dari setiap kepribadian individu dan mencegah penyederhanaan berlebihan dengan pengelompokan.

Dengan integritas, seseorang akan melakukan segala sesuatunya secara positif dan konsisten. Pribadi berintegritas adalah pribadi yang mempertahankan tingkat kejujuran dan etika yang tinggi dalam perkataan dan tindakannya sehari-hari. Mereka adalah orang-orang yang kompeten, teliti dan handal dalam berperilaku, dapat dipercaya oleh rekan kerjanya, bawahan dan atasannya serta pihak luar. Integritas adalah bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai dan kebijakan organisasi serta kode etik profesi, walaupun dalam keadaan yang sulit untuk melakukannya. Secara sederhana, integritas menunjukkan keteguhan sikap, menyatunya perbuatan dan nilai-nilai ethical yang dianut oleh seseorang.

Ilmu psikologi kepribadian juga mempelajari cara mengidentifikasi orang yang mengalami penyimpangan kepribadian. Penyimpangan kepribadian biasanya ditandai dengan kelainan mental kronis yang memengaruhi pemikiran, perilaku, hingga hubungan interpersonal seseorang hingga dalam taraf yang serius. Pemimpin harus memiliki motivasi dari dirinya sendiri sebelum memotivasi yang lain. Pemimpin yang dalam dirinya penuh motivasi akan berbeda dengan pemimpin yang menjalankan tugasnya karena terpaksa.