By | August 6, 2020

Saat diberi kesempatan bertemu dengan almarhum Bob Sadino, beliau mengatakan bahwa yang dicari seorang pengusaha bukan untungnya, tapi rugi. Ini artinya, jika para pengusaha hanya mencari untungnya saja, pasti akan malas untuk melanjutkan. Berbeda dengan mencari rugi, yang mentalnya jauh lebih kuat jika mengalami kebangkrutan,” ujar pemain movie Ketika Cinta Bertasbih tersebut.

Pengusaha yang sukses mengetahui bahwa kegagalan bukan akhir dari permainan dan tidak boleh takut mengalaminya, karena tidak ada yang pernah mengalami kesuksesan sejati tanpa pernah mengalami kegagalan. Sikap percaya diri sangat diperlukan dalam menjalankan segala sesuatu. Pengusaha yang bermental kuat akan percaya kepada kemampuannya dan memiliki pengendalian yang kuat atas keraguan dan kegelisahan. Kepercayaan diri mereka akan dapat mengilhami orang lain dan membantu mereka mewujudkan sesuatu.

Yang kita lakukan adalah membuka lembaran baru yang bersih dalam kehidupan. Cara ini akan menyegarkan iklim bisnis yang kita tengah geluti. Juga akan memperbaiki hati dan psychological kita dengan secara menyeluruh. Memohon maaf pada banyak orang, kini mudah dilakukan dengan adanya berbagai media komunikasi. Bisa dengan telepon atau mengirim pesan, atau bertemu langsung. Dengan cara ini kita tidak memposisikan diri kita lebih tinggi dari pihak lain.

Mereka dapat membantu Anda mengelola area bisnis yang tidak Anda sukai, kurang ahli, atau tidak begitu mendesak. Ini akan membuat Anda fokus pada bagian bisnis yang benar-benar Anda sukai dan paling penting. Dari tips-tips diatas semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi kita untuk tetap semangat menggapai apa yang diinginkan dan semoga membantu dalam usaha bisnis yang sedang dilakukan. Terbuka terhadap setiap evaluasi Salah satu rahasia kesuksesan adalah “proses belajar”. Jadilah orang yang selalu terbuka terhadap kritik dan nasihat dari orang lain.

Sehingga, dapat menerjang badai sekuat dan sebesar apapun itu. Jika jaringan adalah sesuatu yang Anda sukai, ciptakan peluang untuk terus melakukannya. Memanfaatkan kemampuan Anda untuk mengembangkan koneksi baru bahkan lebih. Kemampuan alami Anda di beberapa space dapat menjadi anugerah yang menyelamatkan untuk setiap defisit yang Anda miliki di area lain. Berada dan merasa kompeten dalam satu bidang juga mengkatalisasi motivasi Anda untuk meningkat dalam diri orang lain.

Contoh simpelnya adalah menyingkirkan pola pikir dari pekerja yang mendapatkan mounted income menjadi mencari pendapatan usaha tiap bulan sesuai dengan goal bisnismu. Ketua Panitia Ulang Tahun Ke-40 Hipmi Eric Hidayat mengatakan, Hipmi sebagai konsumen merupakan pasar potensial produk di dalam negeri. “Dan sebagai produsen, Hipmi berperan sebagai mitra strategis pemerintah, dengan mendorong pengusaha muda nasional menjadi tangguh di dalam negeri dan internasional,” katanya.

Mentalitas pebisnis

Tentunya sebuah bisnis bisa berdiri setelah Anda mengeluarkan modal usaha awal berupa biaya investasi. Oleh karena itu, keputusan mengambil resiko menjadi salah satu mental pebisnis yang harus dimiliki. Berbeda halnya dengan Yasa yang memulai bisnis di bidang trend, Cholidi yang memulai bisnisnya di bidang makanan tersebut mengaku harus berani berinovasi. Disamping inovasi yang unik, diperlukan juga cita rasa yang kuat, pelayanan yang baik, serta kebersihan agar usaha tetap berjalan. Di samping harus memiliki keunikan rasa yang enak, proprietor harus terjun langsung. Jika ditinggal untuk kepentingan lain, akan mempengaruhi cita rasa, dan tentunya akan mempengaruhi omzet.

Hal penting yang seringkali pula terlupakan dalam setiap pembahasan mengenai UKM, yaitu semangat entrepreneurship para pengusaha UKM itu sendiri. Semangat yang dimaksud disini, antara lain kesediaan terus berinovasi, ulet tanpa menyerah, mau berkorban serta semangat ingin mengambil risiko. Suasana pedesaan yang menjadi latar belakang dari UKM seringkali memiliki andil juga dalam membentuk kinerja. Sebagai contoh, ritme kerja UKM di daerah berjalan dengan santai dan kurang aktif sehingga seringkali menjadi penyebab hilangnya kesempatan-kesempatan yang ada. Perlu disadari, UKM berada dalam suatu lingkungan yang kompleks dan dinamis. Jadi, upaya mengembangkan UKM tidak banyak berarti bila tidak mempertimbangkan pembangunan lebih luas.

Nah, ternyata menjadi seorang pengusaha pun tidak selalu besar dan tidak harus memiliki gedung bertingkat loh. Bertanggung jawab atas keputusan yang selalu diambilnya adalah pola pikir seorang pebisnis. Apabila salah memilih langkah, seorang pebisnis sendiri yang akan menerima akibatnya. Seandainya mengambil keputusan dengan tepat, pebisnis akan menikmati hasil dari keberhasilannya.

Melakukan aktivitas yang disukai membantu pikiran menjadi bahagia. Ikuti kelas yoga apabila penasaran mengapa orang ramai melakukan hal tersebut untuk relaksasi, baca buku yang tidak kunjung selesai dibaca karena sibuk bekerja, atau ajak keluarga dan teman berlibur. Jatim Newsroom- Wakil Gubernur Jawa Timur , Emil Elestianto Dardak mengajak pengusaha muda meningkatkan kreativitas dan inovasi sehingga bisa menciptakan peluang mengembangkan usahanya. Orang-orang sukses memiliki kecerdasan cara berpikir atau pola pikir yang tidak semua orang dapat melakukannya, yakni percaya akan diri sendiri, termasuk mengetahui batasan-batasan kemampuan yang dimiliki.